Bisakah tanaman kelapa sawit ditanam di dataran tinggi?

Kelapa sawit dapat tumbuh baik di daerah tropika basah (12o LU – 12 o LS) dengan tipe iklim Af dan Am (Koppen) maupun A, B, dan C (Schmidt & Ferguson) dengan elevasi 0 – 600 m. Pengembangan kelapa sawit di dataran tinggi (> 600 m dpl) tidak disarankan karena kondisi iklim yang kurang sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan kelapa sawit. Tidak disarankan bukan berarti tanaman kelapa sawit tidak bisa tumbuh di ketinggian tersebut. Tanaman kelapa sawit tetap dapat tumbuh dan berkembang, namun untuk memperoleh produktivitas yang optimal perlu manajemen kultur teknis yang tepat dan tentunya butuh biaya yang tidak sedikit.

Jika ditinjau dari sisi agroklimatnya, faktor pembatas pengembangan kelapa sawit di dataran tinggi adalah sebagai berikut;

  • Suhu udara < 18oC (faktor utama).
  • Lama penyinaran ≤ 5 jam/hari.
  • CH > 2500 mm/tahun.
  • Kelembaban tinggi.

Namun demikian, sejak tahun 1996, berdasarkan kenaikan temperatur di dataran tinggi, survei dan kajian khusus maka untuk lokasi tertentu (dengan tetap mempertimbangkan kondisi agroklimat dan lingkungan tanah) tanaman kelapa sawit dapat direkomendasi sampai dengan elevasi 850 m dpl.Tanaman kelapa sawit hanya dapat tumbuh optimal pada suhu minimum 18oC. Penanaman kelapa sawit pada ketinggian > 600 m dpl dikhawatirkan dapat meningkatkan peluang kelapa sawit terkena cekaman suhu dingin (< 18oC). Selain itu, daerah dataran tinggi biasanya memiliki CH yang cukup tinggi. Hal ini tentu berdampak pada tutupan awan yang makin tinggi yang menyebabkan lama penyinaran ≤ 5 jam/hari. Disamping itu, kelembaban relatif (RH) yang tinggi tentu akan meningkatkan probabilitas serangan hama penyakit khususnya busuk buah akibat Marasmius sp.

Untuk paparan lebih jelasnya dapat dilihat pada Menu Publikasi. Pada Menu tersebut kami sampaikan beberapa hasil ulasan, serta kajian mengenai kelapa sawit di dataran tinggi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s