Iklim Indonesia : Flashback 2015 dan Menatap 2016

Sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2015 dan memasuki tahun 2016. Berbagai macam perayaan telah dipersiapkan, terompet, lonceng, kembang api, dan perayaan khas tahun baru lainnya akan mewarnai pergantian tahun kali ini. Semua orang seakan terlarut dan dengan gegap gempita menyambut perayaan pergantian tahun.

Terlepas dari itu semua, kita sebagai masyarakat perkelapasawitan sepertinya ingin segera lepas dari tahun 2015. Tahun dimana semuanya seakan berjalan di luar kendali, tahun yang sangat berat bagi kita semua. Ekonomi carut marut, harga CPO dan TBS terjun bebas, serta kebakaran hutan, deraan kekeringan dan gangguan asap seakan melengkapi suramnya kondisi industri kelapa sawit pada tahun 2015.

Kita fokus pada masalah kebakaran hutan, kekeringan dan gangguan asap. Salah satu trigger dari ketiga permasalahan tersebut adalah kondisi anomali iklim El Nino. Lantas adilkah kita meng-kambing-hitam-kan iklim sebagai satu-satunya biang kerok permasalahan tersebut? Sepertinya tidak. Kita semua bertanggungjawab akan hal tersebut! Seharusnya kita bisa lebih tanggap dan responsif menghadapi El Nino tersebut karena El Nino bukanlah hal baru dan bahkan dalam 2-5 tahun sekali fenomena tersebut rajin “datang menyapa kita”.

Sejenak melihat kedepan, lalu bagaimana kondisi di tahun 2016? Kita pantas bersyukur (semoga), karena beberapa ahli dan pemodelan iklim menyatakan bahwa tahun 2016 merupakan tahun normal dan (mungkin) akan terjadi La Nina. Walapun demikian, kita harus tetap terus berusaha, bekerja, dan sigap agar kejadian seperti tahun 2015 tidak terulangi lagi.

Akhirnya, redaksi juga harus mengatakan “Selamat tinggal 2015…Selamat datang 2016”. Jaya terus kelapa sawit Indonesia.

Uraian mengenai kondisi iklim 2015 dan perkiraan kondisi iklim tahun 2016 dapat diunduh disini .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s