Focus Group Discussion: Dampak Perubahan Iklim terhadap Perkebunan dan Kehutanan

Pembicara dan moderator dalam acara FGD Dampak Perubahan Iklim terhadap Perkebunan dan Kehutanan di INSTIPER Yogyakarta

Acara FGD dengan tema “Mitigasi & Adaptasi Sektor Pertanian dalam Menghadapi Perubahan Iklim” merupakan acara yang diinisiasi oleh INSTIPER Yogyakarta sebagai respon dan upaya dalam mempersiapkan sektor pertanian (khususnya perkebunan) dalam menghadapi perubahan iklim. Acara ini dilaksanakan pada 22 Oktober 2018 di Kampus Instiper Yogyakarta. Narasumber yang dihadirkan dalam acara ini adalah Bapak Soedjai Kartasasmita, Dr. Siswanto (BMKG), dan Dr. Suroso Rahutomo serta Iput Pradiko (PPKS). Acara ini diikuti oleh sekitar 40 orang yang terdiri dari 30 orang dosen INSTIPER dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dari beberapa Kebupaten/Kota.

Acara dimulai dengan pemaparan mengenai kondisi iklim, perubahan iklim, serta upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Indonesia yang disampaikan oleh Dr. Siswanto. Selanjutnya, perwakilan dari PPKS memberikan pemaparan mengenai upaya mitigasi dan adaptasi industri kelapa sawit dalam menghadapi perubahan iklim (materi yang disampaikan oleh PPKS dapat download disini). Pemaparan dari narasumber ditutup dengan penjelasan mengenai pengaruh perubahan iklim terhadap berbagai sektor kehidupan, khususnya pertanian.

Setelah presentasi dari narasumber, acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi antara audience dengan narasumber. Audience sangat tertarik dengan materi yang dibawakan oleh para narasumber sehingga diskusi dan tanya jawab berjalan sangat menarik.

Pada sesi terakhir, dilakukan perumusan rencana tindak lanjut beberapa kegiatan penelitian dalam rangka mendukung upaya mitigasi dan adaptasi sektor pertanian dalam menghadapi perubahan iklim. Rencana penelitian tersebut direncanakan akan melibatkan berbagai institusi pendidikan, institusi litbang, perusahaan maupun stakeholder lain. Beberapa tema penelitian yang akan dilaksanakan antara lain: macro & microclimate, fisiologi, pemuliaan tanaman, teknologi dan AI (Artificial Intelligence), social ekonomi, dan lain sebagainya. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s