PREDIKSI CURAH HUJAN BULANAN INDONESIA PERIODE APRIL-JUNI 2020

Selamat pagi,

Kami hadir kembali menyapa Anda untuk menyampaikan update kondisi dan prakiraan curah hujan di wilayah-wilayah Indonesia, khususnya daerah-daerah sentra industri perkebunan kelapa sawit. Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada Maret 2020 ini, curah hujan di wilayah sentra perkebunan kelapa sawit di Sumatera Bagian Utara mulai pertengahan mendapatkan curah hujan yang rendah (<100 mm/bulan). Sementara itu, wilayah lain yaitu di Kalimantan mendapatkan curah hujan yang cukup. Bagaimana ini terjadi dan bagaimana prediksi kondisi curah hujan kedepannya? Silakan simak penjelasan yang kami rangkum berikut ini.  

PRAKIRAAN KONDISI CURAH HUJAN BULANAN

Hasil prakiraan curah hujan bulan April 2020 dari BMKG menunjukkan bahwa:

  • Curah hujan tinggi (> 300 mm/bulan) pada April 2020 akan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian utara, Kalimantan Timur bagian barat.
  • Curah hujan menengah (100-300 mm/bulan) akan terjadi di sebagian besar sentra perkebunan kelapa sawit (sebagian besar Sumatera dan Kalimantan)
  • Curah hujan rendah (<100 mm/bulan) akan terjadi di pantai timur Sumatera bagian utara (Aceh dan Sumatera Utara).

Pada bulan Mei 2020, diprediksikan curah hujan bulanan di sebagian besar Sumatera berada pada level menengah dan cenderung memiliki nilai curah hujan yang berkisar 100-150 mm/bulan. Sementara itu, curah hujan bulanan di sebagian besar Kalimantan juga pada level menengah dengan kisaran curah hujan 150-200 mm/bulan.

Pada bulan Juni 2020, diprediksikan curah hujan bulanan di daerah sentra perkebunan kelapa sawit adalah sebagai berikut:

  • Curah hujan menengah (100-300 mm/bulan) akan terjadi di sebagian besar Kalimantan kecuali Kalimantan Tengah bagian selatan, Kalimantan Timur bagian selatan dan Kalimantan Selatan.
  • Curah hujan rendah (<100 mm/bulan) akan terjadi di sebagian besar Sumatera khususnya Sumatera bagian selatan (Riau, Jambi, Sumatera Selatan dan Lampung).

Mari bersiap menghadapi curah hujan yang rendah pada bulan Juni 2020…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s